Pin It

Tips Mudik: Sebelum Mudik Wajib Ganti Olie Baru

Tidak lama lagi masyarakat Indonesia akan berbondong-bondong ke kampung halaman, khususnya menjelang Idul Fitri. Bagi yang mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi pastikan kondisinya sudah siap, khususnya kondisi pelumas untuk melindungi mesin.


Sebaiknya untuk kendaraan yang diajak mudik, menggunakan pelumas yang baru. Hal ini perlu diperhatikan untuk menjaga berbagai kondisi jalan yang ekstrim. Selama perjalanan kita tidak tahu seperti apa, yang paling sering terjadi macet. Kondisi mesin lebih panas, jalan terhambat, sehingga pasokan angin untuk mendinginkan mesin berkurang. Efeknya mesin lebih panas. Salah satu yang menjaga agar mesin tidak overheat adalah pelumas. Maka pelumas yang digunakan pastikan kuat melindungi mesin dari panas yang berlebih.

Lantas apa alasan utama yang menyebabkan sebaiknya menggunakan pelumas baru saat mudik? Masa pakai pelumas menjadi pertimbangan dan berjaga-jaga agar kinerja pelumas tetap maksimal melindungi mesin. Jika pelumas sudah tidak bagus maka fungsinya melindungi mesin berkurang. Kita tidak tahu kondisi pelumas yang ada di dalam mesin seperti apa, sehingga lebih baik di ganti saja dengan yang baru sebelum perjalanan mudik.

Salah satu indikator untuk melihat kondisi pelumas dengan melihat kilometernya. Namun perlu diingat, meski mobil tidak berjalan, contohnya seperti kondisi macet atau memanaskan mobil, pelumas tetap bekerja meski mobil tidak bejalan. Meski berhenti, pelumas tetap bekerja dan kondisi yang tak terduga tadi membuat umur pelumas semakin cepat berkurang. Jadi lebih baik mengganti pelumas untuk berhjaga-jaga.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih