Pin It

Perawatan Motor Usai Pulang Mudik

Cek fisik kendaraan merupakan ritual penting yang perlu dilakukan sebelum dan sesudah melakukan perjalanan jauh, seperti mudik ke kampung halaman. Hal ini penting dilakukan agar kondisi kendaraan dapat terpantau sehingga terhindar dari kerusakan yang bisa menyebabkan motor mogok atau kecelakaan. Namun, kebanyakan pemilik sepeda motor kerap lupa melakukan mengecekan usai perjalanan dari kampung halaman. Disadari atau tidak, perjalanan mudik ke kampung halaman dan kembali ke tempat asal memakan jarak tempuh yang relatif sama. Alangkah baiknya jika pengguna kembali mengecek fisik kendaraan.


Terkadang orang suka lupa, pada saat mudik itu motor sudah dipaksa kerja keras. Tentu ada bagian-bagian yang perlu diperiksa keadaannya setelah perjalanan jauh. Salah satu komponen penting yang harus diperiksa adalah oli mesin. Setelah dipakai perjalanan jauh, performa oli tidak sebaik awal. Sehingga perlu segera diganti karena pelumas sangat berpengaruh terhadap performa mesin.

Setelah itu beberapa komponen lainnya yang perlu diperiksa adalah rem, lampu, dan kaki-kaki apakah masih berfungsi dengan baik. Rem wajib diperiksa, karena biasanya jadi agak kendor jadi perlu disetel ulang. Setelah itu baru lampu, baik lampu utama, lampu sen dan lampu rem. Kaki juga perlu dicek karena setelah menghadapi berbagai medan jalan biasanya ada saja yang kendor.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 comments:

ini info yang sangat penting!
makasih gan..
salam,
https://www.carmudi.co.id/journal/

Terima Kasih