Pin It

Ingin Ganti Velg Mobil? Perhatikan Ukuran PCD

Ingin Ganti Velg Mobil? Perhatikan Ukuran PCD, ini karena velg mobil serupa tapi tak sama. Meski menggunakan ukuran velg dan ban yang sama, belum tentu peleknya bisa dipasang di mobil Anda, karena pitch circle diameter (PCD) berbeda.

Image and video hosting by TinyPic
PCD adalah ukuran diameter pola baut roda. Cara pengukurannya adalah mengambil titik terlurus dari masing-masing lubang baut roda. Misalnya 4 baut yang diukur antara titik berseberangan dan satuan milimeter. Berbeda lagi jika 5 baut, pengukurannya di antara dua titik lubang baut yang ada di seberang lubang baut roda yang ditarik ukurannya.

PCD standar yang terdapat di mobil jenis sedan kecil dan hatcback umumnya berukuran 100 mm (disebut PCD 100). Sedangkan mobil jenis MPV dan SUV biasanya menggunakan PCD 114, Mercedes-Benz 112 dan BMW 120. Jika Anda ingin membeli pelek bekas sebaiknya perhatikan bagian lubang baut. Periksa dengan teliti apakah sudah pernah diubah atau tidak. Sebaiknya perhatikan bagian lubang baut. Periksa dengan teliti apakah sudah pernah diubah atau tidak.

Kadang ada yang mengubah untuk menyesuaikan PCD. Kondisi seperti ini membuat kondisi pelek tidak tahan lama. Sebab, mengubah lubang baut pelek harus dibor dan dicor ulang. Dikhawatirkan kedua material tidak menyatu dengan kuat dan lubang pelek tidak lurus. Hal ini membahayakan.
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »

Terima Kasih