Pin It

Tips Memilih dan Merawat Mobil Lawas

Jika Anda berencana memiliki mobil, tak ada salahnya memilih mobil keluaran tahun lama untuk dibeli. Namun demikian, Anda harus teliti sebelum membeli, agar mobil tua yang jadi pilihan tidak menjadi 'bencana' di masa yang akan datang, dikarenakan mobil tersebut bisa dikategorikan sebagai mobil 'rongsokan', karena body dan mesin sudah tak layak pakai.
Berikut ini adalah beberapa "sense of old car" yang harus Anda perhatikan saat memilih-milih mobil tua untuk dibeli :
1. Ada baiknya Anda didampingi montir yang ahli dan dipercaya untuk mengecek kondisi mesin dan body sebuah mobil.
2. Sebaiknya mobil diuji terlebih dahulu bersama seorang montir kepercayaan kita, yang peka terhadap suara-suara kerusakan yang mungkin saja terdengar saat dikendarai. Coba kemudikan dengan kecepatan di atas 60 km/jam, karena dari itu Anda bisa mengecek kondisi shockbreaker, body, rem, porseneling, dll.


Penting diingat jangan membeli mobil yang limbung (susah dikendalikan jika dalam kecepatan tinggi), karena itu menandakan ada yang tidak beres dengan keseimbangan mobil. Pastinya memperbaikinya akan banyak makan biaya.


3. Cek dan ricek bagian kolong mobil, apabila chassis mobil sudah kropos, sebaiknya abaikan dan jangan pernah membelinya.
4. Membeli mobil tua memang serba untung-untungan, namun bila mendapatkan kondisi ban yang masih memiliki kembangan tebal lebih baik, karena tak perlu merogoh kocek lagi. Tak lupa cek kondisi ban serepnya.
5. Sektor interior juga sangat perlu diperhatikan, seperti jok, doortrim, dasbor, jendela, karet-karet kaca usahakan kondisinya terawat dan tidak bocor.
  •  



6. Mengecek surat-surat seperti STNK dan BPKB harus sesuai dengan fisik mobil. Sebaiknya mencari mobil tua yang nomor polisinya sekota dengan tempat tinggal kita, agar Anda lebih mudah dalam pengurusan pajaknya.
Setelah memiliki mobil tua, bukan berarti semuanya sudah beres. Tentunya dalam merawat mobil tua bukanlah pekerjaan yang gampang, tetapi juga bukan pekerjaan yang rumit. Semua itu tergantung bagaimana memperlakukan mobil tua tersebut dalam keseharian.
Berikut ini tips panduan dalam merawat mobil tua yang sangat sederhana dan tidak membuat Anda repot karena cukup mudah, pastinya supaya mobil tua anda tetap bugar, necis dan kinclong:

  • Selalu cek kondisi mesin secara keseluruhan, terutama bagian system pengapiannya.
  • Perhatikan pula kabel-kabel penghantar listrik yang seiring berjalannya waktu akan menjadi getas, ini akan mengakibatkan mesin tidak dapat dihidupkan. Bahkan, bila sampai pada kondisi fatal bisa memicu terjadinya korsleting.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih